Menjalani Hidup Sehat Versi Rasull

Rasulullah SAW diciptakan oleh Allah Subhanahu Wata’ala bagai contoh serta teladan buat umat manusia seluruh alam. Rasulullah SAW mempunyai berbagai kesempurnaan, diantaranya adalah kejujurannya yang sampai-sampai diakui oleh musuh-musuh beliau sekalipun. Selain kejujuran, beliau juga memiliki sifat, prilaku serta tutur sabda yang baik.

image

Jasa-jasa beliau sangatlah membludak bagi penganut manusia, salah satunya adalah menghilangkan sistem perbudakan, bahkan satuorang penulis Amerika berjulukan Michael H. Hart meletakkan Rasulullah SAW pada posisi pertama dalam bukunya yang berjudul 100 Orang Paling Berpengaruh di bumi.

Salah satu ajaran dari Rasulullah SAW ialah pola hidup yang bugar. Rasulullah SAW hanya telah sakit sebanyak 2 kali seumur hidupnya, yaitu saat diracuni oleh seorang perempuan Yahudi dan ketika menjelang akhir hayatnya.

Pernah sebuah ketika Madinah kehadiran seorang dokter yang dikirimkan oleh Rajadiraja Romawi. Dokter tersebut kebingungan karena rumit sekali menemukan pasien di Madinah. Lalu dokter tersebut bertanya kepada Rasulullah SAW mengenai rahasia dari orang muslimin yang jarang sakit.

Bagi sebagian orang, segar adalah suatu yang mahal. Sebagian orang menghabiskan separuh uangnya untuk terapi, diet, membeli suplemen mahal dll yang semuanya bertujuan untuk mendapatkan tubuh sehat.

Tiada sedikit para lansia yang menghabiskan uang pensiunnya untuk berobat ke rumah sakit.

Sebegitu sulitnyakah menjaga kebugaran?

Tentu memelihara kesehatan tidaklah rumit, Rasulullah SAW sebagai acuan telah mengasihkan contoh hidup yang bugar, ini sesuai oleh firman Allah:

Sesungguhnya telah tampak pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) buat orang yang mengharap (rahmat) Allah beserta (kedatangan) hari haripembalasan dan dia banyak menyebut Allah. (Al-Ahzab 33:21)

Cukup ikuti pola hidup Rasulullah SAW, insya Allah kamu akan khali dari berbagai penyakit.

Seterusnya pola hidup fit dari Rasulullah SAW:

1. Makan Makanan Halal & Bagus

Rasulullah SAW hanya makan makanan yang halal dan positif, seperti: Ikan laut enak, buah-buahan(tin, zaitun, kurma, anggur, delima), madu, daging, susu beserta biji-bijian(gandum).
Rasulullah SAW bersabda:
Makanlah minyak zaitun dan berminyaklah dengannya. Sesungguhnya ia berasal dari pohon yang diberkahi.”(Diriwayatkan oleh Mahmud bin Ghailan, dari Abu Ahmad az Zubair, serta diriwayatkan pula oleh Abu Nu’aim, keduanya memperoleh dari Sufyan, dari ` Abdullah bin `Isa, dari seorang pemberani ahli syam yang bernama Atha’, yang bersumber dari Abi Usaid r.a.)

Pada pagi hari, Rasulullah SAW sarapan sama segelas air yang dicampur oleh sesendok sembayan asli. Selain mampu menjaga daya tahan tubuh, madu pula dapat selaku obat bagi beraneka macam penyakit. Ditinjau dari ilmu kebugaran, madu bisa membersihkan lambung, menyembuhkan sembelit, ambeien, peradangan dan memacu usus-usus.

Minuman yang paling diminati Rasulullah saw adalah minuman manis yang dingin.” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi `Umar, dari Sufyan, dari Ma’mar, dari Zuhairi, dari `Urwah, yang bersumber dari `Aisyah r.a.)

Memasuki waktu dhuha, Rasulullah SAW tentu mengkonsumsi tujuh gentel buah kurma ajwa’(matang). Selain membenahi, buah kurma juga bisa menetralisir racun.

Rasulullah SAW berfirman:
“Barang siapa yang makan tujuh butir kurma, sehingga akan terlindungi dari racun”

Hal ini dibuktikan saat seorang wanita Yahudi mencoba mematikan Rasulullah SAW dengan teknik meracuni makanan beliau pada perang Khaibar.

Toksin tersebut dapat dinetralisir oleh zat-zat yang terkandung dalam buah kurma, tapi salah seorang sahabat yang bernama Bisyir ibu al Barra meninggal lantaran racun tesebut.

Pada malam hari, Rasulullah normal memakan sayur-sayuran. Sayuran menyandang kandungan yang sanggup meningkatkan kapasitas tahan serta kesehatan tubuh. Sayuran juga memuat serat yang dapat melajukan pencernaan.

Sehabis makan malam, Rasulullah akan melangsungkan beberapa aktivitas terlebih lampau. Ini berfungsi buat mempermudah makanan ketika dicerna oleh alatpencernaan. Aktivitas yang dilakukan Rasulullah biasanya berwujud shalat.

2. Tidak Berlebihan

Jangan mengonsumsi makanan berlebihan, Rasulullah mencotohkan
Sign In or Register to comment.